my fish

Kamis, 11 Maret 2010

Tugas Minggu Ketiga











ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN
"SEKAWAN COSMETICS"




Analisis SWOT adalah salah satu teknik analisis untuk mengkaji suatu organisasi dengan melihat faktor internal (yang muncul dari dalam perusahaan) dan faktor eksternal (yang ada atau datang dari luar perusahaan).


Faktor-faktor internal yang dapat di analisis yaitu:

  • Strengths (Kekuatan) : kegiatan-kegiatan organisasi yang berjalan dengan baik atau sumber daya yang dapat dikendalikan.
  • Weaknesses (Kelemahan) : kegiatan-kegiatan organisasi yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi tetapi tidak dimiliki oleh organisasi.

Sedangkan faktor-faktor eksternal, yaitu:
  • Opportunities (Peluang) : situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan.
  • Threats (Ancaman) : Situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi dimasa depan.

Jadi dapat dianalisis sebagai berikut:

  • Strengths(Kekuatan) dari "SEKAWAN COSMETICS":
  1. Menghasilkan produk yang berkualitas dengan pelayanan yang baik
  2. Seluruh produk terjamin keamanan dan mutunya karena sebelum beredar telah diperiksa dan didaftarkan ke Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), dan telah mendapatkan Sertifikat Cara Pembuatan Kosmetika yang baik (CPKB) dari BPOM.
  3. Tenaga analis dan farmasis selalu melakukan survey test dan evaluasi, dengan test stabilitas, kimia dan fisika.
  4. Harga produk yang ditawrkan sangat terjangkau oleh konsumen.

  • Weaknesses(Kelemahan) "SEKAWAN COSMETICS":
  1. Produknya belum terlalu dikenal oleh khalayak banyak, karena kurangny pengiklanan dan juga produk belum banyak beredar di pasaran dikarenakan perusahaan ini bergerak dalam bidang LSM.
  • Oppurtunities (Peluang) "SEKAWAN COSMETICS":
  1. Menyediakan peluang usaha mandiri bersama Sekawan Cosmetics yang bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran
  2. Menyediakan Mitra usaha bersama Sekawan Cosmetics dengan perusahaan lain (Go Public) agar dapat memperluas jangkauan perusahaan baik dalam negeri maupun luar negri.
  3. Menyediakan Peluang karier untuk memperluas target/ segmentasi pasar.
  • Threats (Ancaman) "SEKAWAN COSMETICS":
  1. Ancaman yang paling mendasar adalah dari sisi para pesaing yang menghasilkan jenis produk yang hampir sama seperti SARI AYU MARTHA TILAAR dan MUSTIKA RATU yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat, karena sama-sama merupakan kosmetik yang terbuat dari bahan alami.
  2. Sumber Daya Manusia yang profesional masih sedikit, meskipun modal yang dimiliki cukup besar. Namun demikian hal itu tidak menjadi faktor penghambat bagi perkembangan Sekawan Cosmetics, karena jaringan distribusi dan tenaga marketing yang terintegrasi dan profesional, akan selalu berusaha mewujudkan semua kebutuhan dan keinginan konsumen dalam produk-produk yang innovative, yang bermanfaat bagi konsumen serta bagi mitra usaha SEKAWAN COSMETICS.




Sumber :
www.skw.co.id
www.indoskripsi.com
www.blog.unila.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar